Komunitas DBS SMP Negeri 1 Labuan Kunjungi Krakatau Radio

General Manager (GM) Krakatau Radio, Nyimas Dian Gayatri memberikan pemaparan terkait peran radio sebagai sarana informasi kepada pelajar SMP Negeri 1 Labuan, Selasa (01/10/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Labuan, Kabupaten Pandeglang, yang tergabung dalam komunitas Duta Baca Samaptha (DBS), mengunjungi Krakatau Radio, Selasa (01/10/2024).

 

Kegiatan ini dibuka dengan talkshow, pemaparan materi, dan sesi tanya jawab para pelajar sekolah dengan pimpinan Krakatau Radio. Dilanjutkan dengan menampilkan keterampilan siswa dalam membacakan puisi.

 

Salah satu guru SMP Negeri 1 Labuan, Imas mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan media radio sebagai salah satu sarana hiburan, komunikasi, dan literasi yang saat ini kurang dikenal oleh generasi muda saat ini.

 

Selain itu untuk mengasah kemampuan peserta didik, berkomunikasi dengan media komunikasi alternatif seperti radio.

 

“Supaya wawasannya bertambah karena generasi sekarang kan mereka tahunya hanya medsos sedangkan yang ada di sekitar kita itu radio yang masih eksis. Itu padahal lebih penting sebagai sarana komunikasi, edukasi, informasi, literasi juga hiburan,” kata dia.

 

Ia menambahkan, selain untuk mengekspresikan diri para siswa juga dilatih kemampuan berkomunikasi. Menurut dia, keterampilan berbahasa dan mengeluarkan pendapat para siswa sangat penting untuk mengasah kemampuan.

 

“Sekarang di sekolah itu ada gerakan literasi. Di SMP 1 aktif gerakan literasi sekolahnya diadakan setiap hari Selasa jam 7 sampai 8. Nah itu diisi oleh anak-anak duta baca mereka sharing cerpen, dongeng, puisi, pantun dan lainnya,” ujarnya.

 

Baca: Pokja Wartawan Pandeglang Rayakan HUT ke-3 dengan Tasyakuran

 

Baca: Ini Visi Misi dan Program Unggulan Paslon Uday-Puji

 

Dari kegiatan tersebut ia menaruh harapan peserta didik dapat mengembangkan bakatnya, menggali pengetahuan di bidang komunikasi melalui media komunikasi radio.

 

Salah satu siswi kelas 9, Firyal Salmariadi mengaku kunjungan kali ini merupakan pengalaman baru baginya. Ia mengatakan, dengan kunjungan ini semakin bertambah wawasannya tentang radio dan perannya dalam memberikan hiburan dan informasi kepada pendengar.

 

“Kita jadi lebih paham tentang radio itu. Karena yang saya tahu radio itu kan didengar tapi banyak prosesnya ternyata,” ucap dia.

 

Sementara General Manager (GM) Krakatau Radio, Nyimas Dian Gayatri menyambut baik kedatangan puluhan pelajar ini. Diharapkan kunjungan ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan serta kemampuan siswa dalam berbicara dan menyampaikan pendapat.


“Program ini sangat baik untuk para siswa mengenal radio lebih dekat, apalagi para siswa juga antusias saat sesi tanya jawab. Mudah-mudahan keberadaan radio dapat bermanfaat bagi para pelajar,” tandasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.