Desa Sukamaju Miliki Gedung Serba Guna, Bisa Disewa untuk Warga

Pengajian rutin sekaligus tasyakuran gedung serba guna di samping kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (17/10/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, kini memiliki gedung serba guna yang representatif. Ada fasilitas dua lapangan badminton dan sarana lainnya yang dapat disewa untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

 

Pj Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Endang Sutamiharja, S.Sos menerangkan, latar belakang pembangunan gedung ini untuk menyelesaikan rencana awal dari kepemimpinan kades sebelumnya.

 

“Alhamdulillah disetujui oleh pemerintah kabupaten Pandeglang, inspektorat, tim monev. Pak Camat juga mengizinkan untuk melanjutkan gedung serba guna tersebut. Kemarin hari Kamis 17 Oktober kami mengadakan pengajian rutin desa, saya berfikir kegiatan tersebut disatukan dengan tasyakuran gedung serba guna,” kata dia, Jumat (18/10).

 

Kata Endang, gedung serba guna ini dibangun dari anggaran Dana Desa (DD) tahap I sebesar Rp 205 juta. Lebarnya 27 meter dan panjang 42 meter dan dapat memuat 600-700 orang dengan area parkir yang cukup luas.

 

“Harapan kami gedung ini bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat khususnya desa Sukamaju baik itu dari olahraganya karena di dalamnya ada dua lapangan bulutangkis, insha Allah sudah siap di pakai. Tapi pokok utamanya itu adalah gedung tersebut bisa digunakan untuk mengadakan resepsi pernikahan, sunatan, ulang tahun dan kegiatan pemerintahan,” jelasnya.

 

Baca: Ketat! 30 Kuota CPNS Pandeglang Diperebutkan 663 Peserta

 

Baca: Gelorakan Anti Korupsi, PRSSNI Gelar Sosialisasi Bahaya Korupsi

 

Pj Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Endang Sutamiharja, S.Sos (kedua dari kiri).

Pihaknya menargetkan, sewa gedung serba guna ini akan menghasilkan PADes yang nantinya bisa dipergunakan untuk kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN).

 

“Mudah-mudahan target PADes nya itu sekitaran 20 sampai 30 juta per tahun. Untuk apa uang itu, maksud saya siapa pun nanti kepala desa yang akan datang bisa dipergunakan untuk kebutuhan keagamaan, kemasyarakatan dan lain sebagainya,” ucap dia.

 

Pria yang juga menjabat Sekretaris Camat (Sekmat) Labuan ini menambahkan, jika ia tetap menjadi Pj Kades Sukamaju, akan menambah fasilitas lainnya seperti toilet dan mushola.

 

“Untuk tahun depan saya pun ingin membuat ternak ayam petelur. Harapan saya dari ternak itu menghasilkan PADes buat desa. Targetnya sama sekitar 30 juta jadi itu bisa dipergunakan oleh seluruh masyarakat desa Sukamaju,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.