Ormas, OKP dan Komunitas di Labuan Siap Awasi Pilkada 2024

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar oleh Panwascam Labuan, Kabupaten Pandeglang, di villa Mooring, Desa Cigondang, Kamis (26/09/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Organisasi Masyarakat (ormas), organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), dan komunitas yang ada di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, menyatakan siap untuk melaporkan dugaan pelanggaran dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

 

Hal ini terungkap dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Labuan di villa Mooring, Desa Cigondang, Kamis (26/09/2024).

 

Ketua Panwascam Labuan, Yusuf Akbar Arafat mengatakan, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi serta mengajak para tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta pihak lainnya untuk ikut memantau serta mengawasi proses Pilkada, baik Pemilihan Bupati (Pilbup) maupun Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten, hingga menghasilkan pemimpin sesuai harapan rakyat.

 

“Pada momentum hari ini yaitu karena sudah memasuki tahapan kampanye kami juga butuh peran dari masyarakat untuk ikut serta dan berani melaporkan jika terdapat dugaan pelanggaran yang ditemukan oleh masyarakat. Jika ditemuka silakan melaporkan ke panwascam dengan memenuhi bukti materil dan formilnya,” kata dia.

 

Ia menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk TNI-Polri dan Kepala Desa (Kades) beserta para aparatur desa juga harus netral saat kontestasi penyelenggaraan Pilkada berlangsung, apalagi saat ini sudah memasuki masa kampanye.

 

“Saya kira di Labuan insha Allah tidak akan ada persoalan dugaan-dugaan pelanggaran mengenai netralitas ASN karena kita juga sudah berupaya maksimal untuk melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan mengagendakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini yang merupakan program dari Bawaslu RI,” ujarnya.

 

Baca: DLH Pandeglang Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

 

Baca: Cegah Korupsi, Anggota DPRD Pandeglang Ikuti Orientasi

 

Ditempat sama, Camat Labuan, Yayat Hidayat mengimbau kepada seluruh pihak terkait serta masyarakat agar menjaga kondusifitas wilayah. Selain itu harus dapat ikut serta mensukseskan kontestasi Pilkada.

 

Yayat juga mendorong masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS pada 27 November 2024 mendatang.

 

“Semua elemen masyarakat siapapun itu terutama untuk warga Labuan bersama-sama kita berpartisipasi mengawasi penyelenggaraan pilkada di tahun ini. Jadi kalau semua elemen masyarakat terlibat mudah-mudahan bisa bersikap sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.