Cegah Korupsi, Anggota DPRD Pandeglang Ikuti Orientasi

Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, mengikuti orientasi di salah satu hotel di Kota Serang, sejak Selasa sampai Jumat (24-27/09/2024).

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - 50 anggota DPRD Kabupaten Pandeglang periode 2024-2029 mengikuti orientasi untuk memahami fungsi, tugas dan kewenangan. Materi orientasi ini diantaranya terkait dengan pencegahan korupsi yang disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Sekretaris DPRD Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan, anggota DPRD mendapat pembekalan materi yang diberikan dalam beberapa sesi dan materi di salah satu hotel di Kota Serang.

 

“Materi disampaikan dari Kemendagri, badan diklat dan KPK. Materi KPK yang jelas mengenai korupsi, KPK sekarang ini lebih kepada pencegahan daripada penindakan, jadi jangan sampai anggota dewan terjebak oleh korupsi,” kata dia, Kamis (26/09).

 

Ia menuturkan, orientasi ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi antar penyelenggara pemerintahan daerah yakni eksekutif dan legislatif. Apalagi DPRD memiliki tiga fungsi utama yakni legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

 

“Orientasi itu pembekalan sebetulnya, jadi sebelum melaksanakan tugas para anggota dewan dibekali bagaimana dia melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan termasuk pengetahuan tentang penyusunan anggaran dan lainnya, itu disampaikan pada saat orientasi yang dimulai sejak Selasa sampai Jumat (besok),” ujarnya.

 

Baca: Masa Kampanye Pilkada 2024 Dimulai, Ini Aturan dan Larangannya

 

Baca: Peduli Kelestarian Biota Laut, Pertamina Salurkan CSR bagi Kelompok Konservasi

 

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar saat memberikan arahan mengungkapkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan setelah anggota DPRD dilantik, dilakukan orientasi sebagai pembekalan dalam basis kinerja selama lima tahun ke depan.

 

“Mudah-mudahan apa yang kita ikhtiarkan sejak awal ini, bisa membangun profesionalisme,” ucap dia. 

 

Menurut Al, orientasi ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi antar penyelenggara pemerintahan daerah yakni eksekutif dan legislatif. 

 

“Dengan begitu maka kita bisa mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Harapan besarnya kita ke sana,” tandasnya.

 

Adapun yang mengikuti orientasi seluruhnya 390 orang dengan rincian angkatan pertama dari DPRD Kabupaten Pandeglang 50, Kabupaten Tangerang 55 orang. Untuk angkatan kedua Kota Tangerang 45 orang dan Kabupaten Lebak 50 orang.

 

Angkatan ketiga dari Kota Tangsel 50 orang, Kota Serang 50 orang. Angkatan keempat Kabupaten Serang 50 orang dan Kota Cilegon 40. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.