1 Rumah di Cigondang Labuan Terbakar, Penyebab Diduga dari Korsleting Listrik

Sebuah rumah terbakar di Kampung Cigondang Tengah, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Rabu (11/09/2024) malam.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Musibah kebakaran terjadi di Kampung Cigondang Tengah RT 002 RW 003, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Rabu (11/09/2024) sekira pukul 22.30 WIB.

 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah, karena bangunan lantai dua dan perabotan rumah habis terbakar.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah ini telah dikontrakan oleh pemiliknya, Usman, sejak 5 bulan lalu kepada seorang ASN Guru SDN 5 Labuan, yakni Udin Bima atau Safarudin (44).

 

Salah satu saksi mata, Cepi mengatakan, awal kejadian itu diketahui ketika penghuni rumah berteriak meminta tolong karena bagian lantai dua rumah tersebut terbakar. Warga yang mendengar hal itu kemudian mendatangi lokasi, dimana kondisi rumah sudah terbakar dan kepulan asap pekat terlihat jelas.

 

Warga kemudian menghubungi pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Labuan untuk meminta pertolongan memadamkan api. Petugas Damkar kemudian segera datang dan membantu melakukan pemadaman rumah yang terbakar itu.

 

“Kami langsung datangi damkar dan meminta tolong. Sementara di lokasi kejadian, masyarakat mencoba memadamkan apai seadanya sampai bantuan dari tim damkar datang ke lokasi,” kata dia.

 

Baca: Bawaslu Tidak Temukan Dokumen Palsu Paslon Pilkada Pandeglang

 

Baca: Ditarget Rp 700 Juta, PAD dari Sektor Perikanan Pandeglang Baru Capai 49 Persen

 

Kasi Damkar dan Penyelamatan Badan Penanggulangam Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang, Yosep Mardini mengatakan, 15 menit setelah mendapatkan laporan, tim Damkar tiba di lokasi kejadian dan membantu memadamkan api menggunakan satu unit mobil pemadam dan mobil suplay air. 

 

“Kejadian kebakaran ini permukiman padat penduduk, jadi kita terjunkan tim ke lokasi. Api yang membakar rumah itu baru bisa kita padamkan 90 menit kemudian atau 24.00 WIB, sekaligus kita lakukan pendinginan,” imbuhnya.

 

Dugaan sementara, api yang membakar bangunan di lantai dua itu dikarenakan korsleting listrik.

 

“Pemilik rumah pada saat kejadian segera keluar rumah menyelamatkan diri, hanya isi perabotan habis kebakar,” ucap dia.

 

Baca: Pastikan Kehalalan Daging, LP3H-MA Gelar Pelatihan Juleha di Pandeglang

 

Sementara korban kebakaran, Udin Bima menuturkan, api membesar diketahui menurut informasi warga di lantai 2 bangunan rumah.

 

“Sekitar pukul 11 malam api mulai membesar, sebelumnya anak saya mencium bau terbakar akibat colokan listrik yang konslet. Tak selang lama api semakin membesar dan menghanguskan semua isi kontrakan,” ujarnya.

 

Tidak ada korban jiwa atau luka dari kebakaran ini. Namun seluruh perabotan miliknya hangus terbakar.

 

“Semua perabotan rumah tangga ludes terbakar api, kipas angin, lemari plastik, TV, pakaian dan yang lainnya. Alhamdulilah untuk korban jiwa tidak ada,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.