Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Pandeglang Gencarkan Sosialisasi

Launching maskot Pilkada Pandeglang, Si Bedug di Stadion Badak, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Rabu (05/06/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten, menargetkan partisipasi pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mencapai 75 persen. Hal tersebut didukung oleh upaya KPU yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait jadwal pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

 

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kabupaten Pandeglang, Falahudin mengatakan, target tersebut sama seperti Pilkada 2020 lalu. Namun kala itu, realisasinya hanya mencapai 69 persen.

 

“Karena itu KPU menargetkan angka partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 sebesar 75 persen,” kata dia.

 

Ia menuturkan, pihaknya tengah menggencarkan sosialisasi Pilkada Serentak 2024. Menurut dia, sosialisasi sudah berjalan di beberapa kecamatan, diantaranya kecamatan Cipeucang, Mekarjaya, Cimanggu, Patia, dan Sukaresmi.

 

“Kecamatan-kecamatan ini dipilih karena untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mencegah pelanggaran Pemilu. Soalnya dari catatan KPU, partisipasi di kecamatan ini tergolong rendah. Terlebih tujuh kecamatan itu juga rawan bencana dan memiliki Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang cukup tinggi,” ujarnya.

 

Baca: 150 Warga Binaan Rutan Pandeglang Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

 

Baca: Lima Kecamatan di Pandeglang Mulai Tedampak Kekeringan

 

Ia mencontohkan, di kecamatan Pandeglang, KPU melaksanakan sosialisasi karena terjadi pelanggaran yang masuk IKP. Sementara di Patia dan Sukaresmi juga dilakukan hal sama, karena daerah tersebut masuk zona rawan banjir.

 

Selain sosialisasi ke kecamatan, penyelenggara juga akan menggelar sosialisasi ke berbagai kampus dan sekolah dengan sasaran pemilih pemula.

 

“Mudah-mudahan apa yang kami laksanakan itu bisa merubah mindset dan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada di Pandeglang,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.