Mobil Pusling Pandeglang Roadshow ke Tiap Kecamatan Dorong Minat Baca

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menggelar mobil perpustakaan keliling (pusling) di Kecamatan Sindangresmi, Jumat (16/08/2024).

KRAKATAURADIO.COM, SINDANGRESMI - Mobil perpustakaan keliling (pusling) milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Pandeglang, menggelar roadshow ke tiap kecamatan. Hal ini bertujuan mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan minat baca peserta didik.

 

Kepala DPAD Pandeglang, Neneng Nuraeni mengatakan, kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya kebutuhan informasi di era globalisasi saat ini, menuntut masyarakat baik di perkotaan dan pedesaan semakin haus akan informasi yang tepat, cepat dan akurat.

 

“Turunnya kami ke lapangan ingin tahu sejauh mana minat baca masyarakat dan buku apa saja yang dibutuhkan dalam meningkatkan IPM di Pandeglang,” kata dia di alun-alun kecamatan Sindangresmi, Jumat (16/08).

 

Pihaknya juga mengaku telah merencanakan kerja sama terkait pengadaan buku bacaan untuk mengupgrade ketersediaan buku. Neneng juga mengimbau kepada para pengelola perpustakaan bisa terus berkoordinasi.

 

“Terus koordinasi dengan kami, jika butuh perpustakaan keliling bersurat saja ke kami seperti halnya di kecamatan Sindangresmi. Kegiatan serupa juga kami lakukan di kecamatan lainnya,” ujarnya.

 

Baca: Siap Kibarkan Bendera Merah Putih, 50 Orang Paskibraka Dikukuhkan

 

Baca: Pelantikan 50 Anggota DPRD Pandeglang Terpilih Digelar 26 Agustus

 

Camat Sindangresmi, Mukhlis Arifin mengapresiasi kehadiran pusling dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Menurut dia, minat baca masyarakat masih ada. Apalagi, jika terdapat kegiatan lomba di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Usia Dini (PAUD).

 

“Kami berharap kegiatan seperti ini dilakukan secara berkesinambungan agar minat baca masyarakat di Sindangresmi terus meningkat,” tutur dia.

 

Adapun, kegiatan yang dilaksanakan ini juga bersinergi dengan mahasiswa yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Mathla'ul Anwar (UNMA) Banten kelompok 12 yang berlokus di Desa Ciodeng. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.