Kapasitas Anggota Balawista Pandeglang Ditingkatkan

Salah satu narasumber acara pelatihan Balawista, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banten, Asep Mulya Hidayat saat menyampaikan materi, di Wira Carita, Selasa (27/08/2024).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Puluhan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pandeglang, Banten, mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas level 3 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) di salah satu hotel di Carita, berlangsung Senin sampai Rabu (26-28/08).

 

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Kabupaten Pandeglang, Mia Maulani Rizki mengatakan, maksud tujuan pelatihan ini diantaranya untuk meningkatkan kompetensi pengurus dan anggota Balawista.

 

Hal ini merupakan upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke kabupaten Pandeglang.

 

“Sebelumnya mereka sudah dilatih di level 1 dan 2, dan ini naik level. Jadi menyesuaikan dengan keputusan menteri ketenagakerjaan tahun 2023 yang di dalamnya membahas tentang kompentensi life guard atau balawista,” kata dia, Selasa (27/08).

 

Menurut dia, kegiatan itu dibiayai dana alokasi khusus (DAK) non fisik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) tahun 2024.

 

Diharapkan dengan adanya peningkatan kompetensi ini, keselamatan para wisatawan menjadi hal yang penting, sehingga ke depan akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Pandeglang.

 

“Kapasitas dan kompetensi mereka meningkat sesuai dengan levelnya, jadi ada banyak tahapan yang dilalui dan pelatihan ini mencapai targetnya 48 jam. Jadi diharapkan mereka sudah level itu dan pemahaman mereka tidak hanya pada teknis penyelamatan juga pada manajerial teoritis lainnya sudah siap pakai,” imbuhnya.

 

Baca: Koalisi Terbentuk, Pilkada Pandeglang Diprediksi Diikuti 4 Paslon

 

Baca: Jelang Pendaftaran Calon Kepala Daerah, KPU Pandeglang Tegaskan Akomodir Putusan MK

 

Di tempat sama, Ketua Umum Balawista Nasional, Ade Ervin, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemkab Pandeglang. Ia berharap dengan banyaknya pelatihan, selain jumlah anggota Balawista semakin banyak juga kemampuannya semakin meningkat. Saat ini, anggota Balawista Kabupaten Pandeglang baru mencapai 400 orang dan secara nasional sebanyak 7.500 orang.

 

“Tadi juga saya menekankan kepada peserta, untuk serius dan memahami materi yang disampaikan para narasumber dan instruktur. Karena pelatihan ini cukup mahal dan penting bagi anggota Balawista,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.