PLTU Banten 2 Labuan Lakukan Gerakan Coastal Clean Up Bersama Warga Cigondang

Puluhan warga melakukan aksi bersih pantai di salah satu pantai Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (02/07/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - PLTU Banten 2 Labuan, melakukan Coastal Clean Up (CCU) atau aksi bersih pantai di pantai Cigondang Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (02/07/2024). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang mengangkat tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’.

 

Berdasarkan pantauan, aksi bersih pantai ini dilakukan di tiga lokasi, mulai dari pantai Kalpen, pantai Ceria dan terakhir pantai Galau. Puluhan orang berjibaku memungut sampah untuk dikumpulkan dalam plastik.

 

Manager Administrasi PLTU Banten 2 Labuan, Donny Ureansyah mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk ikut berpartisipasi dalam agenda CCU dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

 

Disamping itu pihaknya juga sebelumnya telah melakukan penanaman pohon mangrove dan turut serta dalam membersihkan ratusan ton sampah di Desa Teluk, Labuan.

 

“Jadi kami sudah ada beberapa kegiatan penanaman pohon maupun sosialisasi, bersih-bersih di lingkungan kami sampai dengan kegiatan tadi yang kita lakukan itu bersih-bersih pantai dan alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan ramai, kondusif dan semua menyambut baik dalam hal ini ada pemerintahan desa maupun RW dan RT sampai dengan pemuda,” kata dia.

 

Baca: Raffi Ahmad Dukung Pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024

 

Baca: Jalan Santai Peringati HUT Bhayangkara ke-78 Diikuti Ratusan Warga Pandeglang

 

Ia menerangkan, pihaknya merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk melakukan gerakan CCU, khususnya di beberapa titik lokasi lainnya, seperti pulau Popole. Apalagi angkutan kapal tongkang yang membawa batu bara seringkali tercecer. Menurut dia, hal ini merupakan salah satu komitmen untuk selalu menjaga lingkungan.

 

“Ini adalah suatu tanggung jawab kami juga. Nah khusus untuk pulau Popole kami coba nanti akan evaluasi lalu juga kami akan minta nanti mungkin ke pemuda maupun desa untuk melakukan usulan kepada kami seperti apa baiknya, karena kami tidak bisa bertindak sendiri tentu harus ada dukungan dan support dari masyarakat dan desa setempat,” terangnya.

 

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Cigondang, A Rumhi menyambut baik kegiatan CCU yang dilakukan di sepanjang pantai di desa Cigondang. Menurut dia, kegiatan ini sangat baik untuk mendorong pelestarian lingkungan.

 

Apalagi, kata dia, beberapa pantai di Desa Cigondang sudah dijadikan lokasi wisata dimana tempatnya harus bersih dan nyaman. Diharapkan, kegiatan ini juga dapat memotivasi dan menginspirasi inisiatif serupa di berbagai tempat lainnya.

 

“Ada 40 orang terlibat dalam kegiatan ini, kami juga melibatkan Muspika, kecamatan, danramil dan kapolsek, karang taruna dan desa. Insha Allah kedepan nanti desa akan menjadwalkan kegiatan berkelanjutan setiap hari Selasa. Masyarakat diimbau agar melaksanakan bersih-bersih terutama di lingkungannya masing-masing, tidak hanya di pantai saja,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.