Kemenag Pastikan Kesehatan Jemaah Haji Asal Pandeglang Dalam Kondisi Baik

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, Lukmanul Hakim.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang, Banten, memastikan semua jemaah haji asal ‘Kota Sejuta Santri Seribu Ulama’ dalam kondisi sehat dan tidak ada laporan yang menjalani perawatan kesehatan.

 

Kepala Kemenag Kabupaten Pandeglang, Lukmanul Hakim mengatakan, sebanyak 983 jemaah haji yang telah diberangkatkan dalam kondisi yang baik.

 

“Jemaah haji alhamdulillah sudah ke tanah suci dalam kondisi sehat semua dan hanya pemeriksaan rutin biasa saja,” kata dia, Rabu (12/06).

 

Ia mengaku, beberapa jemaah haji asal Pandeglang mengalami kondisi yang tidak fit lantaran banyak yang mengalami batuk dan flu. Hal ini dikarenakan mereka belum terbiasa dengan kondisi cuaca yang ada di tanah suci.

 

“Menurut petugas yang di sana gangguan kesehatan hanya sebatas flu dan batuk saja. Itu karena belum terbiasa saja dengan cuaca di sana dan di pastikan semua bisa menjalani ibadah haji dengan kondisi sehat,” ujarnya.

 

Baca: Pameran Foto Jurnalistik Karya Mahasiswa Digelar untuk Pertama Kalinya

 

Baca: Warga Angsana Hilang Tenggelam di Sungai Ciliman, Pencarian Libatkan Masyarakat

 

Ditambahkannya, pengecekan kesehatan rutin juga terus dilakukan oleh petugas. Selain itu, tim kesehatan pun rutin menyambangi jemaah untuk memantau kondisi kesehatannya.

 

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pandeglang, Mucholid menambahkan, Kemenag RI telah memberangkatkan sejumlah petugas untuk melakukan pendampingan bagi ratusan jemaah haji asal Pandeglang.

 

Petugas tersebut, lanjutnya, berasal dari kelompok yang menyelenggarakan bimbingan ibadah haji dan umrah yang telah memenuhi perizinan berusaha, Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan petugas sebanyak 20 orang.

 

“Jemaah haji asal Pandeglang yang diberangkatkan ada 983 jemaah. Mereka yang berangkat akan dipulangkan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dengan pembagian 5 kloter di dua gelombang pemberangkatan,” tutur dia.

 

Adapun jika mengacu jadwal pemulangan jemaah haji, akan dilakukan gelombang pertama pada tanggal 27 Juni 2024, gelombang kedua tanggal 16 Juli 2024 dan 17 juli 2024, dan terakhir tanggal 20 Juli 2024. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.