Pemkab Pandeglang Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-turut, Sekda Ingatkan Hal Ini

Pemerintah Kabupaten Pandeglang meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Banten atas LKPD tahun anggaran 2023, di auditorium BPK Banten, Selasa (21/05/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

 

Opini WTP tersebut diketahui saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD Pemkab Pandeglang oleh Ketua BPK RI Perwakilan Banten, Dede Sukarjo kepada Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Auditorium BPK RI Perwakilan Banten, Kabupaten Serang. Raihan prestasi ini merupakan yang kedelapan kalinya sejak tahun 2016 lalu.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Banten yang telah melakukan pemeriksaan atas LKPD.

 

“Puji syukur alhamdulillah tahun 2023 pemkab Pandeglang kembali meraih predikat WTP yang ke delapan kalinya. Ini berkat kerja keras dan kerja bersama kita semua,” kata Irna, Selasa (21/05).

 

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, capaian yang diraih ini merupakan hasil kerja keras seluruh aparatur pemerintah dan dukungan seluruh komponen masyarakat.

 

“Saya kira itu kado istimewa bagi para OPD dan kepala OPD semua, ini kerja keras mereka juga support dari pimpinan ibu bupati yang tidak pernah berhenti untuk memotivasi kita dalam rangka mempertanggungjawabkan dan mengelola keuangan sebaik-baiknya,” ujarnya.

 

Baca: Pandeglang Sabet Lima Penghargaan dari BKKN Banten

 

Baca: Pemkab Pandeglang Fokus Dorong Potensi Sektor Agribisnis Pariwisata dan Pendidikan

 

Meski begitu, Fahmi mengakui mempertahankan opini WTP merupakan tugas berat. Untuk itu ia mengingatkan para pegawai untuk tetap semangat dan tidak kendor dalam menjalankan tugas. Opini WTP ini harus dijadikan motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan.

 

“Karena bagaimanapun mempertahankan itu lebih berat tetapi ini menjadi tugas kita semua yang harus kita pertahankan. Tentunya juga yang paling utama motivasi dan semangat support dari pimpinan sehingga alhamdulillah sampai saat ini kita masih mempertahankan dan mendapatkan predikat itu. Tentunya nanti kedepannya kita akan berupaya jangan sampai ini menjadi kendor. Harus tetap semangat dalam kondisi apapun,” terang dia.

 

Sementara Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Dede Sukarjo mengatakan, pihaknya akan konsisten dan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Banten yang transparan dan akuntabel.

 

Menurut dia, ada beberapa aspek penilaian terhadap laporan pemeriksaan keuangan, diantaranya kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, ekfektivitas, dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan.

 

“Setelah melakukan pemeriksaan secara terperinci bahwa laporan hasil pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten Pandeglang tahun 2023 meraih opini WTP,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.