Lolos Tes Tertulis, Ribuan Calon Anggota PPS Pandeglang Ikuti Tes Wawancara

Wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (21/05/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Usai mengikuti tahapan tes tertulis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang, telah mengumumkan nama-nama calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Pandeglang 2024 yang akan mengikuti tahapan tes wawancara. Mereka mengikuti seleksi wawancara pada 21 sampai 23 Mei.

 

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Pandeglang, Falahudin mengatakan, jumlah calon anggota PPS yang mengikuti tahap seleksi wawancara sebanyak 1.248 peserta. Sebelumnya tes tulis diikuti sebanyak 2.206.

 

“Kami delegasikan PPK untuk membantu KPU dalam melaksanakan tahapan wawancara kepada PPS tempatnya di masing-masing wilayah kecamatan. Ada yang di kantor kecamatan, gedung PGRI di 35 kecamatan,” kata dia, Senin (21/05).

 

Tahapan wawancara PPS ditargetkan rampung pada 23 Mei untuk selanjutnya diumumkan pada tanggal 24 sampai 25 Mei dan akan dilantik pada 26 Mei. Berdasarkan rencana KPU, nantinya anggota PPS akan dilantik di lapangan terbuka mengingat jumlah calon anggota PPS yang banyak.

 

Ia menuturkan, materi wawancara sendiri meliputi kepemiluan, integritas peserta PPS dan lainnya.

 

“Indikator materi itu pertama kaitan dengan pengetahuan tentang kepemiluan, yang kedua tentang komitmen seputar loyalitas kemudian integritas dan profesionalitas bagi si calon PPS dan ketiga riwayat p[ekerjaan, pendidikannya, apakah dia pernah menjadi penyelenggara pemilu atau belum,” ujarnya.

 

Baca: Koleksi Museum Banten Didapatkan dari Hibah Pegiat Budaya

 

Baca: Gelar Family Gathering, Voxy Club Indonesia Lakukan Aksi Bersih-bersih Pantai

 

Berdasarkan pantauan di Kecamatan Labuan dan Carita, puluhan calon anggota PPS tengah menunggu giliran di wawancara. Di Labuan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggunakan kantor Kecamatan sebagai lokasinya. Sementara di Carita menggunakan bangunan eks Puskesmas.

 

Ketua PPK Carita, Atang Maulana mengatakan, total ada 52 calon anggota PPS yang mengikuti tahapan wawancara.

 

Adapun bagi PPS terpilih, pihaknya menekankan agar mereka dapat menjaga netralitas dan mengerti tugas serta kewajibannya.

 

“Untuk hasilnya KPU yang memutuskan. Kalau kita hanya sebatas mandataris. Jadi KPU kabupaten Pandeglang memberikan surat tugas jadi mendelegasikan untuk mewawancarai calon anggota PPS se kecamatan Carita,” terangnya.

 

“Sebagai penyelenggara tentunya wajib menjaga netralitas. Kita harus mengacu kepada aturan yang ada baik undang-undang maupun peraturan KPU,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.