Waspada! Bulan Januari Puskesmas Labuan Catat Angka Penderita DBD Sudah 10 Orang

Jajaran UPT Puskesmas Labuan saat talkshow di Krakatau Radio, Senin (15/01/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sebanyak 10 orang tercatat sudah terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) hanya dalam kurun waktu bulan Januari 2024 ini. Hal ini berdasarkan data yang disampaikan Puskesmas Labuan, per Senin (15/01/2024).

 

Bagian Promkes Puskesmas Labuan, Irta Lubis mengatakan, dari catatan sejak bulan Januari ini, kasus DBD terdata sudah menjangkiti 10 orang.

 

“Kalau untuk tahun 2024 yang terdata 10 (orang) yang terdata. Yang tidak terdata dimaksudnya di sini yang dia di rawat di luar puskesmas Labuan karena belum mengirimkan data ke kita, jadi gak langsung ke puskesmas (pengobatannya),” kata dia.

 

Dia menjelaskan, daerah yang cukup padat serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat menjadi salah satu faktor penyebab.

 

“Daerah yang padat penduduk dan dilihat dari PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) karena semuanya juga DBD ini berhubungan dengan PHBS. Kebersihan lingkungan karena musim hujan gini penampungan air jadi kalau misalnya tadinya panas terus hujan biasanya pot, ember dia lupa untuk memantaunya terjadi perkembangbiakan,” terangnya.

 

Baca: Ribuan Pendaftar Pengawas TPS di Pandeglang Masuki Tahapan Wawancara, Dilantik 22 Januari

 

Baca: Ini Persiapan BPBD-PK Pandeglang Hadapi Musim Hujan

 

Irta menuturkan, masyarakat dapat berperan aktif untuk mencegah penularan DBD. Pencegahan ini diantaranya dengan melaksanakan 4 M Plus.

 

“4 M plus itu yang digerakan oleh masyarakat yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang seperti botol-botol bisa dijadikan pot. Terus yang keempat itu memantau jentik tempat penampungan air,” imbuh dia. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.