103 Koperasi di Pandeglang Tidak Aktif, Sekda Komitmen untuk Membangun

Sekda Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta dalam peringatan Hari Koperasi ke-76 di Wisma PKPRI, Rabu (15/11/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 103 koperasi di Kabupaten Pandeglang, Banten, dalam kondisi tidak aktif lantaran tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), suatu keharusan yang diatur dalam undang-undang perkoperasian. Menyikapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menyatakan komitmen untuk membangun koperasi.

 

Fahmi menekankan, perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif terhadap gerakan koperasi yang ada di Pandeglang. Hal ini agar keberadaannya lebih berdaya guna dalam mensejahterakan anggota dan memberi manfaat untuk masyarakat.

 

Menurut Fahmi, Pemerintah Daerah (Pemda) menyadari masih banyak koperasi yang belum berhasil dengan memiliki permasalahan intern, kesulitan permodalan dan persoalan organisasi lainnya.

 

Apalagi sejauh ini masih banyak pula anggapan negatif dan pesimis dari sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

 

“Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi. Untuk mewujudkan amanat dalam UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi,” kata dia saat peringatan Hari Koperasi ke-76, di Wisma PKPRI, Rabu (15/11).

 

Baca: Menganggur Akibat Arus Kencang, Nelayan di Labuan: Bukan Paceklik Lagi, Sudah Menjerit

 

Baca: Maxim Resmi ‘Mengaspal’ di Pandeglang, Warga Bisa Jadi Driver

 

Ia menuturkan, dari 675 koperasi yang ada di Pandeglang, saat ini koperasi aktif mencapai 572 koperasi atau 84,7 persen, sementara sisanya sebanyak 103 tidak aktif.

 

Namun di sisi lain, lanjutnya, masih banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.

 

“Salah satu contoh yang harus menjadi inspirasi bagi kita semua adalah koperasi Syariah BMI yang merupakan koperasi nasional karena sampai saat ini sudah memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni sebanyak 45 unit rumah bagi masyarakat Pandeglang,” terangnya.

 

Baca: Bawaslu Pandeglang Ingatkan Caleg Jangan Curi Start Kampanye

 

Kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang akan terus hadir dan berkomitmen membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program dalam bidang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, dan lainnya.

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pandeglang, Goenara Drajat mengatakan, pada peringatan hari koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Pandeglang diselenggarakan beberapa kegiatan seperti diklat perkoperasian, pemberian bantuan warga dhuafa, pemberian penghargaan untuk koperasi berprestasi dan tokoh koperasi, donor darah dari para insan koperasi, jambore kader koperasi, dan penggalangan infaq peduli palestina.

 

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan terus mengembangkan koperasi di Pandeglang, selain itu kualitas sumber daya manusia pengelola koperasi juga akan meningkat,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.