Gencarkan Kampung Bebas Narkoba, Polres Perkuat Kerjasama dengan Pemkab Pandeglang

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dengan Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah memperkuat kerjasama dalam upaya pemberantasan narkoba di Pendopo, Jumat (11/08/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Polres Pandeglang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten, melakukan penandatanganan kerjasama dalam program kampung bebas narkoba. Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan pencegahan, penanganan penyalahgunaan, dan pemberantasan peredaran gelap narkotika.

 

Dalam kerjasama ini, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, ditetapkan sebagai pilot project wilayah bebas narkoba, di Pendopo Bupati, Jumat (11/08/2023).

 

Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah mengatakan, penyebaran narkoba saat ini sudah sangat masif dan meresahkan. Bahkan modus pengedar sudah lebih berkembang, dimana modusnya saat ini menentukan titik koordinat dalam melakukan transaksi narkoba tanpa bertatap muka antara penjual maupun pembeli.

 

“Mereka sulit kita antisipasi, sekarang modusnya di titik koordinat jadi yang tertangkap hanya barangnya saja,” kata Kapolres.

 

Dengan adanya kerjasama ini, Belny berharap penyebaran narkoba dan modus yang dilakukan oleh pelaku bisa diantisipasi.

 

“Dengan bantuan masyarakat baik kelurahan dan kecamatan sangat mendukung sehingga setiap kasus bisa terungkap,” ujarnya.

 

Kerjasama ini juga memuat beberapa program lainnya, seperti lomba problem solving atau pemecahan masalah, lomba babinkamtibmas terbaik, dan lomba manajemen citra media.

 

Baca: Ratusan Nelayan Pandeglang Diberikan Pelatihan Servis Mesin Kapal 15 PK

 

Baca: Tingkatkan Nasionalisme, Sekretariat DPRD Pandeglang Bagikan Puluhan Bendera

 

Ditempat sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi langkah Polres dalam menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Irna menyadari penyalahgunaan barang haram ini sulit diberantas, tidak cuma di Pandeglang namun hampir merata secara nasional.

 

Selain dengan Polisi, Irna menjelaskan komitmen memberantas narkoba di Pandeglang juga akan menggandeng berbagai unsur masyarakat.

 

“Sekarang kita tandatangan Memorandum off understanding, kami harap masyarakat kami jauhkan narkoba. Ini ancaman yang besar yang harus diantisipasi,” ujar dia.

 

Irna menambahkan, beberapa pekan lalu Polres Pandeglang berhasil dengan menggagalkan penyelundupan pupuk bersubsidi. Saat ini, lanjutnya, Polres membuat program yang positif.

 

“TNI dan Polri sangat nyata dalam membuat sebuah program untuk kamtibmas, semoga ini dapat dilaksanakan di semua desa dan kelurahan,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.