Dalang Muda Asal Pandeglang Siap Go Internasional Manggung di Prancis dan Thailand

Dalang muda asal Pandeglang, Aming Ajen (17) bersama Bupati Pandeglang, Irna Narulita di pendopo, Senin (03/07/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Aming Ajen (17), dalang muda asal Kabupaten Pandeglang siap go internasional dengan mengikuti festival wayang di Prancis dan Thailand dan mengharumkan nama daerah.

 

Dalang yang mempunyai nama asli Muhamad Armin ini menuturkan, alasan dirinya tertarik dengan seni wayang sejak umur empat tahun. Sejak saat itu ia bergabung dengan sanggar wayang asuhan Ki Dalang Wawan Ajen.

 

“Pertama kali manggung sejak saya berusia enam tahun,” kata dia usai bertemu Bupati Pandeglang, Irna Narulita di pendopo, Senin (03/07).

 

Siswa kelas dua SMKN 1 Pandeglang ini mengaku siap mengikuti festival wayang di dua Negara. Pertama akan manggung di Paris pada bulan September sebelum akhirnya bertolak ke Thailand pada bulan November.

 

“Kita akan berangkat manggung di Paris dulu baru ke Thailand. Insya Allah saya akan fokus dan saya kedepannya ingin mengembangkan perdalangan ini di Pandeglang,” ujarnya.

 

Baca: Sepeda Listrik Dilarang di Jalan Raya, Satlantas Polres Pandeglang Sampaikan Aturannya

 

Baca: Sayembara Desain Logo Carita Diperpanjang, Hadiahnya Ditambah!

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap, sosok Aming bisa menjadi pelopor dan inspirasi bagi generasi muda untuk menggeluti kesenian perwayangan.

 

“Ibu sangat bangga kepada Aming, masih muda tapi talentanya luar biasa menyukai kesenian yang jarang digeluti oleh anak seusianya,” ucap Irna.

 

Irna meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pandeglang, untuk terus mendorong para pegiat seni dan budaya agar menjaga kelestarian dan kearifan lokal.

 

“Semoga ada Aming lainnya yang akan go internasional untuk mengharumkan daerah dengan kearifan lokal,” imbuhnya.

 

Sementara Kepala Disparbud Pandeglang, Neneng Nuraeni mengatakan, sejauh ini belum ada wadah atau sanggar khusus dalang di Pandeglang. Saat ini, Aming menggeluti dunia seni tersebut di Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

“Kalau senimannya ada, jika ada sanggar khusus kita akan bantu promosi dan pembinaan. Mudah-mudahan dalang Aming bisa buat sanggar sendiri kita bisa bantu dan kolaborasi. Jika kedepan Aming ini punya sanggar sendiri, kita akan fasilitasi. Kita punya balai budaya dan punya program ruang publik berkreasi itu bisa dimanfaatkan,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.