Harga Alat Sekolah Mulai Naik

Labuan - Menjelang memasuki tahun ajaran baru 2013, masyarakat terutama yang memiliki putra-putri usia sekolah mulai berburu peralatan sekolah. Namun, akibat dampak kenaikan harga BBM, ternyata ikut berimbas pada harga-harga peralatan sekolah yang dijual di pasaran. Tidak hanya seragam sekolah, bahkan tas, buku tulis hingga aksesoris lainnya pun ikut merangkak naik.

Berdasarkan pantauan di lapangan, yakni di salah satu toko sekaligus konveksi seragam sekolah di Pasar Labuan, Kecamatan Labuan, diketahui, hampir seluruh item yang dibutuhkan siswa sekolah mengalami kenaikan harga rata-rata sekitar 10 persen. Mulai dari pakaian seragam sekolah, tas sekolah dan peralatan sekolah lainnya. Meskipun harga naik, namun toko-toko seragam sekolah terus dibanjiri pembeli setiap harinya.

Tidak hanya itu, hal yang sama terjadi di sejumlah kios penjual buku dan alat tulis sekolah di Kabupaten Pandeglang. Hampir seluruh buku tulis dari berbagai kualitas mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Salah satu pemilik yang menjual kebutuhan peralatan sekolah, Erni mengaku, akibat kenaikan harga BBM, dirinya terpaksa menaikkan harga jual sejumlah barang kebutuhan sekolah terutama pakaian seragam sekolah. Kenaikan yang saat ini masih sekitar 10 persen tersebut, dimungkinkan akan terus merangkak naik dengan melihat beberapa pekan terakhir harga sejumlah barang-barang kebutuhan pokok pun ikut naik.

Sementara, penjual buku dan alat tulis lainnya Mulyani, mengakui mengalami kenaikan harga, namun tetap banyak masyarakat yang membeli buku tulis dan alat tulis lainnya untuk kebutuhan anak ketika masuk sekolah nanti. Dibandingkan hari-hari biasa, penjualan buku dan alat tulis lain menjelang masuk sekolah memang cenderung meningkat. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.