6 Cara Liburan Sekolah yang Menyenangkan untuk Anak





Tips Wisata
6 Cara Liburan Sekolah yang Menyenangkan untuk Anak
Libur sekolah telah tiba! Ini saatnya untuk memberikan kesempatan anak-anak kita menikmati liburannya. Tapi menyiapkan liburan sekolah, perlu kiat khusus agar terasa menyenangkan dan penuh kenangan.

Anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Pun demikian dengan liburan sekolah, yang berbeda dengan gaya liburan orang dewasa. Berikut 6 kiat untuk menyiapkan liburan sekolah yang maksimal:

1. Sesuaikan minat anak

Minat anak terhadap kegiatan liburan sekolah bisa berbeda-beda tergantung gender atau usia. Mereka yang sudah remaja, mungkin lebih suka destinasi belanja atau petualangan. Sedangkan anak-anak yang lebih muda mungkin ingin liburan ke taman hiburan.

Sesuaikan liburan sekolah dengan minat anak. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan liburan sekolah yang benar-benar mereka inginkan.

2. Cari informasi liburan sebanyak mungkin

Setelah mengetahui apa minat liburan dari anak kita, carilah informasi liburan terkait sebanyak mungkin. Saat ini banyak destinasi menawarkan jenis liburan yang sama. Ada banyak waterpark, taman hiburan, pantai, kota dan aneka destinasi serupa yang bisa dipilih wisatawan.

Bertanya dan meminta rekomendasi kawan dan keluarga, bisa menjadi cara untuk mengumpulkan informasi. Membaca situs berita traveling seperti detikTravel juga bisa membantu Anda menentukan pilihan, tempat apa yang akan didatangi.

3. Susun rencana sesuai masa libur sekolah

Liburan sekolah anak-anak tidak selalu sama, bergantung tingkat pendidikan mereka. Anak TK, SD, SMP dan SMA memiliki masa liburan yang tidak persis sama. Susunlah rencana traveling bersama anak, sesuai dengan masa liburan sekolah.

Anda punya dua pilihan, menghabiskan semua masa liburan untuk jalan-jalan, atau memakai beberapa hari saja dan sisanya menikmati waktu bersantai di rumah. Semua itu ada untung dan ruginya, karena terlalu lama liburan ke luar kota juga bisa membuat bosan. Malahan, bersantai dan bermain di rumah juga bisa seru untuk mereka.

4. Bawa makanan kesukaan

Menjaga agar anak-anak tidak bosan sepanjang perjalanan adalah PR buat orangtua. Salah satunya adalah membawa makanan kesukaannya. Bisa biskuit dan makanan ringan lain, nugget atau sosis, serta makanan lain yang si kecil sukai.

Lebih seru lagi kalau ada makanan kesukaan favorit seluruh keluarga. Lamanya perjalanan tidak akan terasa kalau ada yang bisa dinikmati bersama.

5. Jangan lupa bawa obat

Sakit adalah kondisi yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tentu kita tidak mau liburan sekolah terganggu ketika anak kita malah sakit di perjalanan.

Oleh karena itu, bawalah selalu obat-obatan di saat pergi liburan sekolah. Orangtua biasanya sudah tahu obat apa yang cocok untuk anak kita. Membawa obat dari rumah itu lebih baik, karena belum tentu obat yang kita butuhkan ada di destinasi wisata yang kita datangi.

6. Jangan diforsir

Susunlah rencana liburan sekolah, sesuai dengan stamina anak-anak. Jangan memaksakan terlalu banyak agenda untuk dikejar dalam satu hari. Nikmatilah suasana yang ada, karena ini adalah liburan!

Di sisi lain, terkadang malah anak-anak yang terlalu asyik bermain air, pasir pantai, panjat memanjat di tempat outbound sampai lupa waktu. Kalau sudah begini, giliran orangtua yang harus memastikan ada waktu rehat dan jeda bagi mereka.

Itulah 6 kiat yang bisa Anda coba untuk menyambut liburan sekolah kali ini. Pastikan anak Anda mendapatkan momen terbaik bersama keluarga yang akan dikenangnya ketika tahun ajaran baru datang nanti.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.