Bupati Minta Kaum Mampu Bantu Siswa Miskin

Pandeglang - Untuk menekan angka putus sekolah di wilayahnya, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, meminta kalangan berada di Kabupaten Pandeglang membantu biaya pendidikan siswa dari keluarga kurang mampu. Bupati berpendapat, jika kaum berada mau membantu siswa miskin, maka program Pandeglang menjadikan kota pelajar di Provinsi Banten bisa direalisasikan.

Menurutnya, perhatian pemerintah daerah terhadap pendidikan cukup tinggi, dengan membangun sarana dan prasarana sekolah dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM). Selain itu juga, Pemkab Pandeglang juga menerbitkan Perda tentang Wajib Pendidikan 12 Tahun.

Perda itu dibentuk, untuk mendorong anak-anak Kabupaten Pandeglang agar minimal pendidikan lulusan SLTA. Disamping itu anak-anak dari keluarga tidak mampu diberikan subsidi. Pendidikan, menjadikan prioritas untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Sementara itu sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Nurhasan mengatakan, siswa dari keluarga miskin di Pandeglang hendaknya tidak berkecil hati, apalagi tidak meneruskan pendidikan. Sebab pemerintah menyalurkan berbagai program bantuan, diantaranya dana operasional dan beasiswa.

Bantuan pendidikan bagi anak-anak miskin jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah melalui dana bantuan sekolah (BOS), bantuan khusus murid (BKM), bantuan siswa miskin (BSM), rintisan BOS dan subsidi silang.(Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.