Waspadai Penyebaran DBD

Pandeglang - Masyarakat diminta waspada terhadap penyebaran Demam Berdarah Dengeu (DBD) pada musim penghujan ini. Hal itu dikarenakan, sudah banyak warga yang menderita penyakit tersebut.

Berdasarkan data dari RSUD Berkah Pandeglang, mencatat kasus DBD selama 2012 cukup tinggi, di antaranya pada Januari sebanyak 18 orang, Februari 40 orang dan Maret 32 orang. Kemudian pada Mei 2012 tercatat lima orang, empat di antaranya bisa disembuhkan dan satu orang meninggal dunia. Sementara itu, akhir-akhir ini terdapat pasien yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut di Kecamatan Labuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Deden Kuswan meminta warga setempat untuk mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan. Pandeglang merupakan daerah endemis demam berdarah, terutama di beberapa kecamatan di wilayah selatan seperti Cimanggu, Cigeulis dan Panimbang.

Deden menambahkan, Kejadian luar biasa (KLB) pernah terjadi pada tahun 2007, dengan jumlah penderita mencapai 392 orang, dan 13 orang di antaranya meninggal. Dari pengalaman itu, ia berharap masyarakat meningkatkan kewapadaan terhadap penyakit yang disebabkan virus dengue melalui perantara gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.