Pemkab Berperan sebagai Motivator

Pandeglang - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pemkab Pandeglang, Aah Wahid Maulany dalam acara workshop dan konsolidasi pengembangan potensi aren di Pandeglang yang digelar Perhimpunan Hanjunag Mahardika Nusantara (PHMN) di aula PKPRI Pandeglang, mengatakan, dalam pembangunan pemerintah hanya berperan sebagai motivator bagi masyarakat.

Artinya, dalam pembangunan pemerintah hanya bertindak sebagai pengarah dan memberikan dukungan moril dan materil atas apa yang diinginkan masyarakat. Menurutnya, dalam melakukan pembangunan, tidak hanya kewajiban pemerintah, terlebih, dalam menggali potensi yang ada di daerah, baik sektor pertanian, kehutanan wisata atau potensi tambang.
Kesemuanya harus adanya dukungan dari masyarakat, sehingga nantinya pemerintah akan menjadi pendukung untuk mengembangkannya.

Dijelaskan, ada empat pilar yang harus di perkuat dalam membangun daerah, diantaranya perencanaan, penggalian, pelaksanaan, pengawasan. Jika ke empat pilar ini bisa berjalan dengan baik, maka akan bisa memberikan dampak yang baik pula bagi masyarakat, sehingga apa yang nantinya dibuat atau dibangun juga tidak sia-sia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.