Proyek Bantuan di DKP Tertutup

Pandeglang - Badan Penyuluh Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kelautan dan Kehutanan (BP4K2) Pandeglang, mengaku tidak mengetahui adanya sejumlah proyek bantuan yang dilaksanakan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) setempat. Bahkan ironisnya, upaya BP4K2 untuk mengetahui realisasi penyaluran bantuan melalui surat resmi pun tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari DKP.


Kepala BP4K Pandeglang, Agus Sumardani mengatakan, BP4K2 wajib mengetahui program-program apa saja yang akan diturunkan oleh instansi terkait, seperti Dinas Pertanian Perkebunan (Distanbun), Dinas Kehutanan (Dishut), termasuk DKP. Hanya saja, untuk kegiatan program bantuan di DKP pihaknya sama sekali tidak diberitahukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Dodo Djuanda mengatakan, dalam melaksanakan sejumlah kegiatan bantuan seharusnya dinas/instansi, termasuk DKP bersikap transparan dan terbuka. Jangan ada kesan ditutup-tutupi, sehingga masyarakat bisa mengetahui program apa saja yang sedang dilaksanakan dinas/instansi tersebut.

Menurutnya, tanpa harus disurati atau diminta laporan kegiatannya oleh BP4K2 pun, DKP seharusnya melaporkan kegiatan apa saja yang sedang dilakukannya secara terperinci. Sementara Kabid Budidaya DKP Pandeglang Sutisna, enggan memberikan komentar, begitu juga staf yang membidanginya yang lain. Sedangkan ketika akan dikonfirmasi lebih lanjut Kepala Dinas (Kadis) setempat sedang tidak berada di ruangan.

Sebelumnya, sejumlah kalangan di Pandeglang, mempertanyakan realisasi proyek budidaya ikan tawar dan laut di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang. Pasalnya, peruntukan proyek yang di dadani dari anggaran DAK dan APBD TA 2012 mencapai miliaran rupiah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.