Alabama Tanami 5.500 Pohon Mangrove

Pagelaran - Aktivis Lingkungan Berbasis Masyarakat (ALABAMA) bekerjasama dengan Danareksa, sebuah saham yang berbasis di pasar modal di Jakarta dan merupakan bentuk dana Bina Lingkungan mengadakan kegiatan penanaman 5.500 bibit pohon mangrove di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) di sungai Codetan Desa Tegal Papak Kecamatan Pagelaran pada Sabtu (29/09/2012).


Hadir dalam kegiatan tersebut, satuan Muspika Kecamatan Pagelaran diantaranya Camat Pagelaran, Drs. E. Hidni, Kapolsek Pagelaran Akp Efendi, Danramil Pagelaran Paidi, Kepala Desa, siswa pramuka dan masyarakat sekitar Desa Tegal Papak.

Camat Kecamatan Pagelaran, E. Hidni mengatakan, pihaknya sangat antusias dan bangga dalam menyambut program penanaman pohon ini karena di Kecamatan Pagelaran sendiri, sering mengalami kebanjiran jika musim hujan dan kekeringan. Menurutnya, masyarakat sekitar juga diharapkan untuk menjaga kelestarian lingkungan ini agar tetap terjaga kelestariannya dan juga dapat melestarikan sekaligus menjaga lingkungan.

Anggota Danareksa, Fattah menambahkan, pihaknya perlu untuk menanami pohon mangrove di daerah Sungai Tegal Papak ini karena di rasa sungai tersebut mempunyai potensi yang tinggi akan terjadi abrasi jika tidak ditanami pohon mangrove. Sebelumnya, pihak Danareksa juga melakukan penanaman mangrove di Kecamatan Panimbang tepatnya di Solodengeun.

Ketua Panitia kegiatan, Iwan Podol berharap, dengan adanya penanaman 5.500 pohon mangrove ini, pihaknya siap membantu membagikan dan mendistribusikan bibit pohon mangrove kepada masyarakat yang membutuhkan untuk program reboisasi ini. Berdasarkan pantauan, masyarakat setempat juga ikut menanam bibit pohon mangrove yang fungsinya diantaranya untuk mencegah adanya abrasi ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.