Jelang Lebaran, Banyak Warga Serbu Pegadaian

Labuan - Selama bulan suci Ramadhan 1433 H, animo masyarakat Kecamatan Labuan untuk menggadaikan barang berharga berupa emas hingga BPKP meningkat menjelang Lebaran. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Berdasarkan data yang diperoleh di kantor Pegadaian Kecamatan Labuan, peningkatan jumlah barang yang digadai menjelang Lebaran mencapai 10-15 persen, dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, orang yang ingin menggadaikan barang miliknya sudah mulai terlihat sejak awal Puasa. Kebanyakan barang yang digadaikan berupa emas, baik itu dalam bentuk perhiasan atau pun logam mulia.

Selain emas, ada juga yang menggadaikan barang eletronik dan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Namun dua jenis barang itu kurang diminati warga karena proses penggadaiannya cukup lama.

Bagi masyarakat yang ingin menggadaikan barang miliknya, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, yakni membawa barang jaminan miliknya dan tanda identitas seperti KTP, KK (Kartu Keluarga), atau Paspor. Sementara untuk yang ingin menggadaikan barang berupa kendaraan bermotor, harus dilengkapi dengan STNK dan BPKB.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.