Bupati Minta Peran Ulama Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2024

Bupati Pandeglang bersama jajaran pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) di gedung MUI Kabupaten Pandeglang, Rabu (20/09/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta peran ulama dalam mensukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

 

“Ajaklah masyarakat untuk datang ke TPS guna melaksanakan hak pilihnya dan mencoblos,” kata Irna yang hadir dalam rapat koordinasi antara ulama dan umaro di gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang, Rabu (20/08).

 

Dalam acara yang dihadiri para ketua MUI di seluruh Kecamatan itu, Irna juga mengharapkan agar para sesepuh agama tersebut untuk terus berdoa demi keselamatan Indonesia dan berdoa menjaga Pandeglang supaya tetap kondusif.

 

Menurut dia, MUI merupakan sebuah wadah dalam penguatan silaturahmi di seluruh kalangan masyarakat. Kata dia, momen ini harus dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih jelang Pemilu 2024.

 

“Pemilu tahun lalu partisipasi hanya masyarakat hanya 65 persen, kami harap dukungan MUI agar masyarakat bisa datang ke TPS untuk menyalurkan suaranya caranya bisa melalui ceramah-ceramahnya di berbagai majelis,” ujarnya.

 

Ia menuturkan, mensukseskan Pemilu bukan saja tugas penyelenggara saja, namun juga dibutuhkan kolaborasi untuk dapat mensukseskan hajat demokrasi 5 tahunan tersebut. MUI juga harus mengedukasi masyarakat agar tidak gampang terprovokasi yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan.

 

“Ini pesta rakyat. Rakyat semua harus bergerak meningkatkan partisipasinya untuk mensukseskan demokrasi, MUI bisa menstimulus untuk mendorong masyarakat supaya tidak golput,” tutur dia.

 

Baca: Dandim Dukung Penuh Kegiatan HUT ke-2 Porwan Pandeglang

 

Baca: Ketua DPRD Ingatkan Peran Penting Masyarakat Jaga Fungsi Drainase

 

Ketua MUI Kabupaten Pandeglang, K.H. Zamzami Yusuf mengatakan, sinergitas perlu dilakukan antara MUI dengan pemerintah dari bawah mulai dari desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

 

“Sinergitas ini akan bisa membangun sebuah program yang bermanfaat bagi umat. Sebagai kota santri Pandeglang harus punya makna hakiki seutuhnya bukan hanya slogan,” ucap dia.

 

Ia berharap MUI mampu melaksanakan amanah sebagai pemersatu umat dan tempat bertukar pikiran.

 

“Kita berusaha maksimal meneladani Nabi Muhammad dalam berprilaku dan menyelesaikan setiap persoalan, walaupun tidak akan bisa sempurna tapi kita berusaha meneladani apa yang diamanatkan baginda Nabi,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.