Peduli Lingkungan, Polres Pandeglang Tanam Mangrove di Pantai Teluk di Moment HUT ke-78 RI

Wakapolres Pandeglang, Kompol Andi Suwandi (bawah) menanam mangrove di pesisir pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (18/08/2023).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Kepolisian Resor (Polres) Pandeglang, bersama jajaran melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (18/08/2023). Penanaman ini sebagai bentuk peduli lingkungan dan dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Kegiatan ini dihadiri Wakapolres Pandeglang Kompol Andi Suwandi, Kabag SDM Polres Pandeglang Kompol Abul Mafahir, Kasat Polair AKP Bariman, satuan Muspika diantaranya Kapolsek Labuan Kompol Zaenudin, Sekretaris Camat (Sekmat) Labuan Endang Sutamiharja, Kepala Desa Teluk Sofyan Hadi, mahasiswa KKM UNMA Banten, dan unsur masyarakat.

 

Kabag SDM Polres Pandeglang, Kompol Abul Mafahir mengatakan, ada sebanyak 1000 bibit mangrove yang di tanam. Menurut dia, tujuan penanaman ini dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup dan wujud program Polri Lestarikan Negeri.

 

“Kegiatan hari ini kita melaksanakan penanaman seribu pohon dalam rangkaian polri melestarikan negeri, tujuannya adalah pertama untuk menjaga kelestarian alam kedua berkaitan dengan pelaksanaan hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-78,” kata dia usai kegiatan.

 

Ia mengatakan, penanaman ini dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Puncaknya dilakukan pada 23 Agustus 2023, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo rencananya akan melakukan penanaman pohon di Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Polres Pandeglang, lanjutnya, memilih kawasan pantai. Penanaman ini diharapkan dapat mencegah abrasi dan meminimalisir korban jiwa jika sewaktu waktu bencana terjadi.

 

“Untuk polres Pandeglang kita fokuskan di pantai karena kita mengantisipasi jangan sampai nanti terjadi abrasi. Dengan adanya kita penanaman ini insha Allah sebagai penangkal,” terangnya.

 

Baca: Kembangkan Usaha, 42 UMKM Dibantu Box Dagang

 

Baca: Pemkab Jalin Kerja Sama dengan PT. Indonesia Power, Ubah Sampah Jadi Energi

 

Ditempat sama, Wakapolres Pandeglang, Kompol Andi Suwandi berpesan kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai agar senantiasa menjaga dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

 

“Pesan untuk masyarakat, para nelayan ataupun para wisata yang berkunjung ke pantai untuk menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan karena sampah itu awal musibahnya laut terjadi, baik itu terumbu karang terganggu, hewan-hewan terganggu ataupun nanti akan mengakibatkan pada saat pasang itu akan ke darat yang akhirnya mengganggu kesehatan, ketertiban dan lain sebagainya,” ucap dia.

 

Diharapkan, masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadap mangrove yang telah ditanam agar bisa tumbuh dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan bersama-sama.

 

“Jadi saya berpesan sekali lagi jaga laut kita, jaga kebersihan dimana pun berada karena kebersihan itu sebagian dari iman,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.