Cari Bakat Terpendam, Percasi Pandeglang Gelar Turnamen Catur Non Master

Open tournament catur non master yang digelar di Taman Kelinci Labuan (TKL), Kabupaten Pandeglang, Sabtu (12/08/2023).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar acara open tournament catur non master di Taman Kelinci Labuan (TKL), Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (12/08/2023).

 

Ketua panitia kegiatan, Didit Rusbandi mengatakan, tujuan adanya tournament ini untuk mencari bakat terpendam dari olahraga catur di Pandeglang. Menurut dia, kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan kategori kelas pelajar dan kelas umum. Jumlah peserta mencapai 60-an orang.

 

“Ini penyelenggaraan tournament catur tingkat kabupaten dalam rangka HUT RI yang ke-78, peserta ada yang dari Sumur, Patia, Pagelaran, Pandeglang, Mandalawangi, Menes, Saketi juga hadir disini,” kata dia ditemui di lokasi acara.

 

Melalui agenda tersebut, pihaknya mengharapkan muncul pecatur yang tangguh dan bisa mewakili Pandeglang di ajang provinsi bahkan nasional.

 

“Yang menjadi bibit untuk nanti pencalonan sebagai kandidat dari perwakilan percasi kabupaten,” ujarnya.

 

Rencananya, agenda tersebut akan dilakukan di tahun-tahun mendatang di tempat berbeda untuk menjaring bakat dan bibit pecatur lainnya.

 

Baca: Hadapi Bonus Demografi, Bupati Sebut Generasi Produktif dan Unggul Penentu Keberhasilan

 

Baca: Gencarkan Kampung Bebas Narkoba, Polres Perkuat Kerjasama dengan Pemkab Pandeglang

 

Ditempat sama, perwakilan Percasi Pandeglang, Sopian mengapresiasi kegiatan tournament catur yang digelar hari ini. Kata dia, kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar pecatur di Pandeglang.

 

“Bahkan bisa terjadi bibit-bibit catur karena disini bukan hanya umum, ada juga tingkat pelajar yang bermain disini. Memang saya mengharapkan dengan adanya open tournament catur mudah-mudahan akan diadakan lagi di tempat lain,” ucap dia.

 

Ia menyebut, potensi masyarakat dalam bermain catur sebetulnya sudah baik, hanya tinggal didukung oleh pihak-pihak lain agar tournament ini semakin sering dilakukan.

 

“Catur di Pandeglang itu kalau tidak ada yang mensupport atau seperti ini lah, mungkin ada atau tidak sekarang kan gitu. Makanya kita berterima kasih kepada donator mudah-mudahan kedepannya catur lebih baik lagi, lebih maju lagi dan bisa menghasilkan bakat-bakat baru di kancah provinsi di tingkat nasional, mudah-mudahan lah,” tuturnya.

 

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada donatur yakni Ratu Ira Rahayu yang telah membantu penyelenggaraan tournament catur.

 

Baca: Ratusan Nelayan Pandeglang Diberikan Pelatihan Servis Mesin Kapal 15 PK

 

Sementara, donatur tournament catur, Ratu Ira Rahayu mengaku catur merupakan salah satu olahraga yang ia sukai. Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan ajang silaturahmi dirinya dengan masyarakat di Kabupaten Pandeglang.

 

“Karena pemain catur ini dari berbagai wilayah nih bisa untuk mengenal kita merekomendasikan ke keluarganya dan kebetulan kita kan melalui medsos juga untuk pertandingan catur ini, terus nanti kan kita itu karena ada hobi ke catur ingin mensupport catur ini nanti untuk kedepannya,” imbuh dia.

 

Wanita yang merupakan Bakal Calon Anggota DPRD Banten Daerah Pemilihan (Dapil) Pandeglang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, dengan bersilaturahmi dengan masyarakat, maka akan terjalin hubungan baik dan dapat mengenal lebih dekat. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.