Setelah Jembatan Surianeun dan Caringin, Pemkab Pandeglang Akan Bangun 3 Jembatan Lagi Tahun Ini

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meninjau jembatan Cukang Panjang, di Desa Sukaraja, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Selasa (06/06/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini akan membangun 3 jembatan, setelah sebelumnya telah rampung mengerjakan jembatan Surianeun di Kecamatan Patia dan jembatan gantung Caringin di Kecamatan Labuan.

 

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Pandeglang, Ade Juliansyah membenarkan hal tersebut.

 

“Betul, sebelumnya ada jembatan yang sudah kita perbaiki di Surianeun yang menghubungkan kecamatan Patia dan Pagelaran, itu lantainya. Kita sudah perbaiki pada tahun ini dan sudah dipergunakan sebelum lebaran idul fitri dan sekarang yang sudah dibangun dan diresmikan oleh ibu Bupati yaitu jembatan di desa Caringin kecamatan Labuan itu jembatan gantung menghubungkan dua desa yaitu desa Caringin dan desa Banyubiru,” kata dia, Kamis (08/06).

 

Selanjutnya, Pemkab akan membangun jembatan Cukang Panjang di Desa Sukaraja, Kecamatan Pulosari. Selain itu, jembatan Cisangku di Desa Tanjungan, Kecamatan Cikeusik dan jembatan Cijahe, di Kecamatan Cipeucang.

 

“Tahun ini kita bangun, pembangunan itu jembatan beton lah tiga-tiganya itu, permanen. Mudah-mudahan bisa terlelangkan di bulan Juni ini dan mudah-mudahan pembangunannya sekitar akhir Juli atau awal Agustus lah,” ujarnya.

 

Baca: Pemkab Pandeglang Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

 

Baca: Warga Ucap Syukur, Jembatan Gantung Caringin Diresmikan Bupati

 

Ia merinci, panjang dan lebar jembatan yang akan dibangun, yakni untuk jembatan Cisangku 12 x 4 meter, jembatan Cukang Panjang 12 x 4 meter, dan jembatan Cijahe 7,5 x 4 meter. Anggaran pembangunan ketiga jembatan ini bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu).

 

“Untuk jembatan Cukang Panjang itu 1,6 (miliar), untuk jembatan Cisangku sekitar 1,8 dan untuk jembatan Cijahe itu sekitar 1,2 atau 1,3 lah. Datanya saya lupa lagi tapi itu angka yang kami ketahui,” imbuh dia.

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, jembatan Cukang Panjang di Kecamatan Pulosari segera dibangun agar aktivitas warga tidak terganggu. Menurut dia, jembatan tersebut merupakan akses utama bagi warga setempat.

 

“Kami ingin jembatan ini segera dibangun, insha Allah proses pembangunanya akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Dimohon kepada warga untuk bersabar karena saat ini sedang dilakukan beberapa tahapan untuk proses pembangunanya,” ujar Irna.

 

Baca: Jembatan Tanjungan Ambruk, Bupati Pandeglang Siapkan Anggaran Rp 1,8 Miliar

 

Ia menekankan agar jembatan yang sudah dibangun dapat dipelihara oleh masyarakat agar dapat bertahan lama.

 

“Dijaga dirawat dan dipelihara supaya masa usianya panjang dan berkelanjutan. Ini dipakai juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pandeglang yang ke sekolah, ke puskesmas, ke pasar, yang jual hasil pertanian dan juga sebagai jalur evakuasi karena Labuan daerah rawan bencana sehingga jembatan gantung ini multifungsi,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.